Kamis, 08 September 2011

pergilah engkau duri ikan di tenggorokkan


Malam ini menu makanku penyet lele yang ku beli di penyetan pak kumis di dekat indomaret keputih,,karena nasinya terlalu banya jadi terpaksa aku membuang beberapa suap nasi. Pas udah selesai makan eh g taunya ada yang g enak di tenggorokan.. haahhh aku nelen duri itu si lele,, rasanya g enak banget ngganjel2 gitu hikkss,, smpai akhirnya ku minum aer 1 botol g mempan, makan mangga 1 bua juga g mempan, makan lepet juga g mempan sampai akhirnya aku mencoba untuk menggambil duri itu, malah bukan duri yg ke ambl aku muntah2,, iseng2 ku browsing dapet artikel ini

Tidak sedikit orang pernah mengalami, saat makan ikan, durinya lalu tersangkut di tenggorokan. Cara umum mengatasinya adalah dengan minum cuka atau dengan menelan beberapa kepalan nasi atau roti, dengan harapan duri ikan akan ikut terbawa turun. Para ahli mengingatkan bahwa cara penanganan yang asal-asalan ini bukan saja tidak membuahkan hasil, bahkan juga sangat berbahaya.
Cara pemakaian cuka, sama sekali tidak dapat berefek melunakkan duri ikan. Karena cuka hanya dapat berhenti sebentar, melewati tempat yang disangkuti duri. Efek-nya bukan saja terbatas, bahkan akan menunda waktu untuk mengatasinya secara medis.

Bila dengan cara menelan beberapa kepalan nasi, mantou atau jenis makanan yang lain, menelannya dengan paksa bahkan lebih berbahaya. Karena ada kemungkinan duri yang secara paksa ditelan masuk akan menusuk pembuluh darah.

Para pakar menyarankan, saat tenggorokan tersangkut oleh duri ikan atau benda asing yang lain, pertama-tama harus menjaga emosi. Karena begitu tegang, maka akan mudah menjadikan otot bagian tenggorokan menjadi mengkerut (tegang) sehingga benda-benda a-sing akan semakin kuat menyangkut.

Cara yang benar adalah menjaga kondisi tetap santai (tidak tegang), lalu diminumi air secukupnya. Bila air tidak bisa menggelontornya turun, maka harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penangan medis. Jangan mengatasinya sendiri dengan minum cuka atau dengan menelan nasi.

dan sampae detik ini belom juga tuh duri pindah dri tenggorokkanku,,, toloonngg buat sapa saja yg pernah mengalami share lah ke aku caranya gimana, aku g mau pergi k dokter neehh,, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar