Sabtu, 28 Februari 2015

Asi untuk Arshiya : TEGA! Arshiya tanpa Asi 2x24jam

Part 2
Akhirnya Arshiya lahir pukul 21.50 WIB tanggal 24 Januari 2015,maju dari perkiraan kelahiranya tanggal 29,sampai detik itupun asi belum menandakan kehadiranya. Proses IMD dilakukan,tapi hanya sekedar bayi langsung ditempel di payudara dan menghisap puting bukan ditaruh perut dan merayap sendiri,itupun hanya mulut Arshiya yang menempel tanpa menghisap gak sampai 15menit IMDnya.IMD gagal! Keesokan harinya karena kelahiran Arshiya melalui proses SC aku belum bisa bangun dari tempat tidur,bahkan untuk miring kanan kiri agak kesusahan. Pukul 10.00 WIB ganti kamar,karena ada kamar kosong. Udah bisa miring ke kiri,yah mencoba untuk menyusui karena usia Arshiya sudah 12jam. Ku pencet-pencet nippleku tapi lagi-lagi enggak ada setetespun asi yang keluar. Oke OJOK PANIK WEL! aku tetep berpikir positif dan menanam mindset kalo bayi tahan 3x24jam tanpa asupan apapun,karena masih ada cadangan lemak di badanya. Yahh kehilangan 12jam artinya Arshiya masih ada waktu untuk menunggu 12jam+2x24jam. Malamnya Arshiya selalu ku paksa untuk ngisep, Alhamdulillah isepan pertama Arshiya kerasa walaupun masih belum ada yang keluar dari payudaraku. Beruntung Arshiya anak pintar,ndak sampai nangis ngejer. Digendong langsung diem hari itu kami room-in gantian jaga antara mas awang dan mama. Untuk merangsang keluarnya asi salah satunya ya isepan bayi itu. Kami selalu mencoba buat bangunin Arshiya per 2jam untuk nenen,susah banget banguninya. Saat bangun pun Arshiya cuma nempelin mulutnya ke puting,tanpa menghisap.fiuuhhhhh! Pukul 21.50 oke kami kehilangan 1x24jam. Setiap perawat yang ngecek keadaan kami,aku slalu menanyakan tentang asi dan perawat selalu membantu mengecek "wah iya buk belum keluar" sambil memencet puting dengan keras banget hikzzz,,mereka membantu untuk mengarahkan Arshiya nenen dengan pas. Yupz,,Arshiya menghisap lagi,senengnyaa. Sambil terus berdoa dan berbicara dari hati ke hati "Ayo nak,isep terus ya suruh asi mama keluar biar dedek bisa minum" meskipun asi masih belum tampak tanda-tandanya dan PD masih lempeng aja aku yakin semua usaha malam itu nggak akan sia-sia. Setelahnya kami biarkan Arshiya tidur pulas tanpa kami bangunkan malam itu.
Senin pagi 26 Januari 2015, tinggalah aku berdua dengan mas awang. Mama harus balik Sidayu buat kerja. Hai apa kabar asi? Masih seperti butiran debu!!! Arshiya udah cantek hari itu saat dibawa ke ruang kami. Dan sepertinya Arshiya agak kuning *djedaaarrrr* hari itu tetep berusaha untuk bikin asi keluar, karena sudah bisa jalan aku coba gendong dia. Alhamdulillah punya suami yang bisa tenangin hati dan pikiran,bantu pijit punggung ngobrol sama Arshiya meski COC masih tetap dimainkanya fiuhh! Pukul 10.00 WIB ,artinya jatah Arshiya tinggal 1,5 hari buat tidak mendapat asuan. Ya Allah,,,,pengen nangis aslinya tapi tetep OJOK PANIK WEL! Arshiya juga agak rewel. Tante Nur datang buat nemanin,aslinya sama budhe juga tapi budhe nggak bisa keluarga kembangan pada sakit semua. Eh si akong tiba-tiba nongol,wah Arshiya ketemu eyang buyutnya. Arshiya yang waktu itu diem langsung nangis,mungkin dia lapar,iya memang dia lapar. Ku coba nenenin lagi meskipun enggak dihisep,dibantu sama perawat juga. Pukul 12.00 om Bandi,suami Te Nur datang. Arshiya makin rewel tiba-tiba Te Nur nyletuk "kasih susu dot wae lho" *djeduaaarr* yah ini kata pertama kami mendengar sufor dari kemaren kami mengusahakan tidak ada kata sufor! Kami jawab dengan bijak "gak teh sek tahan kog" oke diemm,, tapi tangis Arshiya makin menjadi, matanya udah agak menguning. Ya Allah,,, akong pun ikut-ikutan bilang sufor,karena emang aku bandel ya dari dulu sama akong g da takutnya "westalah mbah,,tenang wae jare doktere gak popo sek tahan 2hari" yah ku bilang 2 hari. "Kasian lho py,,lihaten anakmu nangis ngejer gini" om Bandi ikut-ikutan "Oppy tegooooo" Te Nur nimpali ya Allah,,,iki kendala pertama dari sodara. Mas Awang yang awalnya diem cuma bilang "Gak apa Te" dengan raut muka emosi hehehe. mbak perawat masuk,trus Te Nur ngadu ke dia,eh kog ya dia bilang "iya ini permintaan ibunya buat Asix" langsunglah diserang lagi sama mereka dikatain teglah,dipaksa nyuruh sufor aja yang sedikit membuat stress,padhal aku dah hindari stress. Ku kode mas Awang buat bawa Arshiya ke ruang neonatal biar ditidurin,eh belom sempet dibawa ada perawat masuk yang emang mau bawa Arshiya.Alhamdulillah.enggak apa diomel dipaksain ngasih sufor tanpa denger Arshiya nangis agak lega,,toh yo gak bakal tak rungokno huahaha *cenyum cetan* akhirnya si akong pulang,Om Bandi balik kantor,,,huhf! Te Nur masih disitu,janjinya jam 2 mau jemput Egy,sambil terus ngomel. Karena emang gak tak reken,mungkin agak mangkel ya jam 1 Te Nur langsung jemput si Egy,kami tertawa gembira bisa ngadepin mereka.
Sekitar jam 2 aku dipanggil buat pijat payudara,setelah dicek kata perawatnya udah ada tanda-tanda produksi asi.Alhamdulillah,,, diajarin pijet sama mbak perawat sambil diajak ngobrol. Balik ke kamar,langsung mandi dan serasa PD penuh banget,enggak lempeng tapi masih tetap asi belum keluar hikz! Sorenya Arshiya udah balik lagi sama kami,tetep maksa dia buat nenen,isapan dia yang akan merangsang. Sampai malam tiba,asi belum menunjukkan keberadaanya 2x24jam Arshiya bakal habis. Bibirnya pun sudah agak kuning,mata dan hidung juga. Nyiapin beberapa opsi mau cari donor asi aja lah,yang kebetulan ada stok Asip si lulu bahay oke kalo besok pagi belom keluar bakal langsung ambil ke rumah bahay.tapi masalahnya aku ada alergi yang ngefek ke Arshiya,disaranin sma perawatnya jangan donor. Sediiihhhhhhh nakkkk mama sedih!udah mulai gelisah nakk.kapan asi mama keluar?bantu mama nak hiks.
-Bersambung-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar