Jumat, 14 Juli 2017

Chiya anak mandiri :: Aktivitas setelah mandi



Pertama kali mengenalkan Chiya kata mandiri adalah saat usianya sudah 2 tahun, saat masa-masa menyapih dia. Setiap hari selalu ditegaskan “Chiya sudah 2 tahun, ya nak udah waktunya lepas nenen, mulai belajar jadi anak mandiri”
dia mungkin sudah tau kata mandiri tapi belum paham apa itu definisi mandiri. Akhirnya setelah ikut seminar bersama mbak Lala April kemaren saya sempat me-download salah satu karya mbak Lala yang berjudul aku anak mandiri. Nah di sini saya mulai memperkenalkan Chiya apa itu mandiri melalui lagu tersebut. Lirik yang selalu diulang adalah

Aku anak mandiri

Selalu berusaha sendiri

Mulai dari mandi sendiri, makan sendiri, berpakaian sendiri

hingga menjadi pembelajar mandiri


Untuk saat ini masih konsen ke Toilet Training dia, Alhamdulillah kalau pipis sudah bisa di kamar mandi dan saat malam meskipun masih pakai diapers tetap bisa bangun tengah malam kalau pengen pipis dan minta ke kamar mandi. Untuk BAB ini masih jadi PR banget buat saya bagaimana dia bisa nahan BAB dan ke kamar mandi. Seperti ini dia selalu lari ke halaman belakang dan melakukan ‘ritualnya’ di sana, ketika diangkat ke kamar mandi malah berontak. Baru deh kalau selesei dia bilang mau cebok di kamar mandi. Setali tiga uang sekalian ngajari dia melepas pakaiannya ketika mau mandi dan menaruhnya di tempat cucian. Serta melatih melepas celana sendiri ketika ingin pipis. Selesai pipis pun dia sudah bisa nyiram pipisnya dan nyiram bagian tubuh yang terkena pipis, tapi tetep saya cebokin lagi. 
Saat mandipun dia kadang suka minta mandi sendiri kramas dan pakai sabun sendiri. setelah itu nyalain kran air dan bilas badannya, selesei mandi belum bisa pakai handuk tapi kalau pakai bedak langsung minta sendiri 

 selesei pakai bedak belajar pakai baju dan celana



ngajarin mandiri itu gampang-gampang susah, Chiya tipe anak yang ingin taunya tinggi jadi saat diajarkan kemandirian rada gampang, ini belajar dari youtube serial kastari ella ello yang belajar memakai baju sendiri, selesai lihat langsung saya ajak praktek meskipun kadang dia emosi kalau susah dan bajunya gak bisa rapi.

#level2
#hari1
#BunsayIIP
#MelatihKemandirian 
#Tantangan10hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar